BIOLOGI fun !!

Halaman ini berisi materi-materi mata biologi yang dipelajari si encca:

Klasifikasi Makhluk Hidup

Keanekaragaman makhluk hidup yang melimpah sangat sulit dipelajari. Hal inilah yang membuat para ilmuwan menyederhanakannya menjadi keompok-kelompok makhluk hidup. Dasar pengelompokannya yaitu dengan mencari kesamaan-kesamaan dalam keanekaragaman. Makhluk hidup yang mempunyai sifat yang sama dikelompokkan menjadi satu unit atau takson. Semakin rendah tingkat takson, semakin banyak persamaan sifat (bersifat lebih khusus), sebaliknya semakin tinggi tingkat takson semakin sedikit persamaan sifatnya (bersifat lebih umum). Kegiatan inilah disebut dengan klasifikasi.

Berdasarkan cara penggolongan makhluk hidup, sisitem klasifikasi dibedakan menjadi tiga macam :

1)      Sistem Artifisial atau sistem Buatan

Sistem ini mengelompokkan makhluk hidup berdasarkan : struktur morfologi, anatomi, maupun fisiologi (terutama alat reproduksi dan habitatnya). Seperti contoh pada tumbuhan, meliputi penampilannya : semak, perdu, gulma, pepohonan, padang, sabana dll,(diungkapkan Theopratus dalam buku HIstoria Plantarum). Sistem ini mengutamakan tujuan praktis yaitu memperoleh ikhtisar dunia makhluk hidup. Yang termasuk dari sistem ini adalah sistem klasifikasi yang dikembangkan oleh Aristoteles dan Carolus Linnaeus. Dalam bukunya Historia Animalum, Aristoteles mengklasifikasikan hewan menjadi dua : hewan berdarah dan hewan tidak berdarah.

2)      Sistem Alam

Sistem ini menghendaki terbentuknya takson-takson yang alami. Artinya, anggota yang membentuk unit takson terjadi secara alamiah atau sewajarnya seperti yang dikehendaki oleh alam. Dasar yang digunakan oleh sitem ini yaitu banyak sedikitnya persamaan terutama morfologinya. Perintis sistem ini pada tumbuhan yaitu : Michael Anderson dan Jean Baptise de Lamarck. Contoh klasifikasi sistem ini : kelompok hewan berkaki empat, kelompok hewan tidak berkaki, kelompok hewan bersirip. Smentara hewan berkaki empat dikelompokkan menjadi kelompok hewan berkuku gasal dan kelompok berkuku genap dll

3)      Sistem Filogeni

Sistem ini mencerminkan urutan perkembangan serta jauh dekatnya hubungan kekrabatan antartakson. Selain itu sistem ini juga mencerminkan persamaan serta perbedaan sifat. Makin dekat kekerabatannya, makin banyak persamaan sifat antartakson.

 

Sistem klasifikasi sudah dikenal sejak 1758. Namun belum secanggih yang sekarang. Sistem klasifikasi berkembang seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, dimana munculnya organisme-organisme baru yang perlu dikelompokkan dan akhirnya sistem klasifikasi terus menerus berubah.

Berikut ini macam-macam sistem klasifikasi yang pernah dikenalkan oleh para ahli taksonomi :

a) Sistem dua kingdom, Carolus Linnaeus (1758)

Linnaeus dalam klasifikasinya membagi menjadi : Dunia Tumbuhan (Plantae) dan Dunia Hewan (Animalia). Tumbuhan (Plantae) adalah semua organisme yang mempunyai dinding sel kaku atau keras karena tersusun atas selulosa dan memiliki emampuan berfotosintesis serta tidak berpindah tempat. Dunia Hewan (Animalia) adalah semua organisme yang tidak berdinding seldan mempunyai kemampuan berpindah tempat dengan adanya alat gerak.

b)      Sistem tiga kingdom, Ernest Haeckel (1866)

Membagi makhluk hidup menjadi : Dunia Tumbuhan (Plantae), Dunia Hewan (Animalia), dan Dunia Protista (termasuk Bacteria, Protista(Protozoa), dan Sponge(Fungi)). Sementara itu Antonie van Leeuwenhoek juga membagi makhluk hidup menjadi tiga kingdom, yaitu : Dunia Jamur (Fungi), Dunia Tumbuhan (Plantae) dan Dunia Hewan (Animalia). Cara pengelompokkannya berdasarkan cara memperoleh nutrisi, yaitu sebagi berikut ;

1.      Dunia Jamur (Fungi) menguraikan media dan menyerapnya.

2.      Dunia Tumbuhan (Plantae) dengan melakukan fotosintesis.

3.      Dunia Hewan (Animalia) bersifat fagotrof, yaitu organisme heterotrof yang menelan dalam bentuk padat.

c)      Sistem empat kingdom, Copeland (1956)

Memasukkan Bacteria ke dalam Monera, dan mengganti nama Protista menjadi Protoctista, tetapi para ilmuwan menegmbalikan ke nama semula Protista. Sementara Fungi dimasukkan kedalam Dunia Tumbuhan (Plantae). Sehingga Copeland membagi makhluk hidup menjadi : Dunia Tumbuhan (Plantae), Dunia Hewan (Animalia), Dunia Protoctista dan Dunia Monera (termasuk Bacteria).

Pendapat lain, misalnya Eduard Chatton (1939) membagi makhluk hidup menjadi : Dunia Prokariota, Dunia Fungi, Dunia Tumbuhan (Plantae) dan Dunia Hewan (Animalia) dasar klasifikasinya adalah ada tidaknya membran yang membungkus inti sel (eukariotik dan prokariotik) sehingga pembagiannya sebagai berikut:

1.      Dunia Prokariota tidak memiliki membran pembungkus inti sel (prokariotik)

2.      Dunia Fungi, Dunia Plantae dan Dunia Animalia memiliki membran pembungkus inti sel (eukariotik)

d)      Sistem lima kingdom, Robert H. Whittaker (1969)

Whittaker membagi mekhluk hidup menjadi lima kindom berdasarkan tiga hal berikut :

1.      Tipe Struktur organisasi internal sel : prokariotik atau eukariotik.

2.      Tipe organisasi selular : multiselular, multiselular nondiferensial, dan multiselular diferensial.

3.      Tipe nutrisi : absortif, fotosintetik, dan ingestik.

Adapun sistem lima kingsom yang diajukan oleh Whittaker adalah sebgai berikut:

1)      Dunia Monera adalah organisme yang memiliki tipe sel prokariotik (bakteri dan Cyanobacteria).

2)      Dunia Protista adalah organisme eukariotik bersel tunggal (termasuk Protozoa dan algae)

3)      Dunia Fungi adalah organisme eukariotik bersel banyak yang menguraikan makanan dan menyerapnya. Fungi dipisahkan dari Dunia Tumbuhan, karena mereka heterotrof (organisme yang mendapat molekul organiknya dari organisme lain), sedang tumbuhan tidak.

4)      Dunia Plantae adalah organisme eukariotik bersel banyak yang dapat melakukan fotosintesis (Bryophyta, Pteridophyta, dan Spermatophyta)

5)      Dunia Animalia adalah hewan eukariotik bersel banyak yang bersifat heterotrof (Porifera, Platyhelminthes, Hydrozoa, Nematoda, Rotifera, Annelida, Mollusca, Arthropoda, Echinodermata dan Chordata)

Be the first to start a conversation

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: